Belajar Merawat Blog dari Nunu Amir Blog

Dari dulu, saya ingin sekali menulis sebuah buku. Bahkan setelah memutuskan untuk menikah dan tidak bekerja di luar, saya mantapkan tekad untuk menjadi penulis. Meski pada awalnya niat menulis buku karena saya merasa mereka para penulis buku adalah orang-orang keren. Rasanya seperti istimewa sekali bila ada nama kita tertulis di sebuah buku sebagai penulisnya.

image
Mimpi tampilan desain buku saya yang semuanya masih fiktif.

Lama-kelamaan, keinginan untuk menulis buku lebih ke arah saya ingin mewariskan sesuatu kebaikan sebelum saya meninggal nanti. Minimal ada sesuatu yang bisa saya wariskan kepada anak cucu saya bila nanti saya tiada.

Sayangnya, menulis buku tidak segampang yang saya kira. Sejak memutuskan ingin menjadi penulis 2012 lalu, hingga kini belum ada satu draft pun yang saya tulis untuk bakal buku saya, heuheu. Tapi Alhamdulillah sekarang saya sudah menemukan ide akan menulis buku apa nantinya. InsyaAllah buku yang nantinya saya tulis akan berisikan motivasi bagi muslimah. Semoga bukunya bisa segera terealisasi ya, Aamiin. Untuk sekarang, saya masih belajar nulis di blog dulu, hihi. #Alasan

Bicara mengenai menulis buku, ternyata ada seorang blogger yang selain blognya keren, juga sudah banyak tulisannya dikumpulkan dalam antologi buku. Siapakah dia?

Beliau adalah seorang blogger cantik dari Makassar dan pecinta kucing. Sehari-hari kesibukannya adalah bekerja di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian di Jakarta sana. Beberapa tulisannya pernah mejeng di beberapa buku, diantaranya:

1. Bunga Rampai Seringkuh (2)
2. Cinta  Membaca (2)
3. Dalam Genggaman Tangan Tuhan
4. Sembuh dan Sukses dengan Terapi Menulis
5. Apa Kabar, Sahabat Dumay-ku

Sudah bisa menebak siapa dia? Kalau masih belum, saya kasih bocoran beberapa prestasi di bidang blogging yang pernah ia raih:

1. Juara 3 Lomba Blog “Makassar Tidak Kasar
2. Juara 2 Kontes Blog Semi SEO “Disabilitas Tanpa Batas
3. Juara 3 Lomba Blog UseeTV pada Acara Blogicious 2012
4. Juara 3 Lomba Blog Kopi Oey Makassar
5. 7 Besar Lomba Blog Semi SEO Komunitas Blogger Maros tentang Bantimurung
6. Juara Lomba Blog Bugis Water Park yang dilaksanakan oleh Komunitas Blogger Makassar.

Bila memang masih belum bisa menebak, saya kasih tahu ya. Hihi.
Memiliki nama lengkap Nur Sahadati Amir dan biasa dipanggil Nunu, Beliau aktif menulis di blog pribadinya, http://www.nunuamir.com.

image
Mba' Nunu Amir.

Blog yang isinya gado-gado ini berisi tentang reportase kegiatan-kegiatan yang diikuti, review berbagai hal baik itu film, blog, buku, maupun produk, serta mengenai kuliner . Selain itu juga tentang segala sesuatu tentang traveling mulai dari catatan perjalanan Mba’ Nunu, tempat wisata, dan oleh-oleh khas. Menu berbagi isinya tentang berbagai hasil pemikiran, pengalaman, ilmu, wawasan, dan curhat ala Mba’ Nunu.
Setelah blogwalking ke rumah maya Mba’ Nunu, menurut saya ada beberapa hal yang bisa kita contoh dari Mba’ Nunu dalam merawat blonya:

1. Rutin dan konsisten update postingan di blog

image
Beberapa postingan Mba' Nunu di blognya.

Selama bulan April, Mba’ Nunu bisa menghasilkan 10 tulisan di blognya. Artinya selama bulan April, setidaknya tiga hari sekali blognya diupdate. Jika sedang tidak rutin menulis, minimal sebulan sekali atau dua bulan sekali blognya diisi tulisan yang baru.
2. Tema postingan kekinian
Seringnya, tulisan Mba’ Nunu berisikan sesuatu yang memang sedang in saat itu, seperti postingannya tentang review film Pesantren Impian yang rilis di bulan Maret lalu.
3. Menulis yang bermanfaat
Tulisannya yang berjudul “One Day One Juz Beratkah?” Yang juga ditulis di harian lokal Amanah, Ia tuliskan kembali di blognya. Tulisan berisi tips dan ajakan mengaji Alqur’an sejuz dalam sehari adalah salah satu contoh tulisan bermanfaat dari Mba’ Nunu.
4. Berdasarkan pengalaman
Setelah mengikuti pelatihan menulis atau blogging, biasanya Mba’ Nunu akan update di blognya. Monetize Social Media by Putri KPM dan Membuat Konten SEO by Nunik Utami adalah tulisan hasil Mba’ Nunu mengikuti pelatihan blogging kala itu.

Wuih, banyak juga yang bisa dipelajari dari seorang Mba’ Nunu ya. Buat teman-teman yang ingin belajar merawat blog dari Nunu Amir, atau sekedar membaca review kuliner dan traveling, langsung melipir ke blognya langsung ya. Semoga manfaat. 🙂

Iklan

16 pemikiran pada “Belajar Merawat Blog dari Nunu Amir Blog

  1. merawat blog ini susahnya kadang suka jenuh nulis, dan akhirnya jd males mengupdate :D.. apalagi kalo bad mood, wiiih, bisa makin telantar deh mbak ;p.. Aku slama ini usahain seminggu sekali utk update, tapi ya itu, kdg2 saking sibuknya ya lupa juga :D…

    1. Iya Mba’, harus sering-sering ada mood boosternya memang, salah satunya blog walking,
      Tapi kalo pas males, aku malah nggak ngeblog nggak bw.. 🙈

  2. Merawat blog itu memang harus konsisten 😦😦 kalau aku masih tergantung keinginan masih nulis atau enggak.

    Ngomong2 ayoo nerbitin buku.. saya juga belum kelar2 naskahnya, semoga tahun ini bisaaa..

    1. Iya Mba’, aku juga nggak terlalu konsisten.. 🙈
      Masih dalam tahap nyari referensi buku Mba’, semoga bisa secepatnya nulis buku, Aamiin..

  3. Aduh Mbak… Maaf, kirain beneran udah jadi buku yg kayak gambar di atas itu.. *tutup muka*
    Ayooo semangat ngerjain proyek bukunya. Kayaknya bagus tuh temanya 🙂
    Btw keren yaa Mbak Nunu 🙂

  4. Halowww mbak julia…
    Salam kenal ya ^^
    Terima kasih buat reviewnya.
    Merawat blog mmg sulit butuh konsistensi.
    Kadang byk ide utk d tulis tp pas ketemu yg namanya capek, rasa pengen nulis itu jd terkalahkan. Yup… perlu d paksa dikit mmg biar bs update blog.

  5. Iya mbak Jul, mbak Nunu ini notif g+ nya paling aktip di imel saya.
    Berarti kan beliau produktif sekali share link blog. Keceeee ya.
    Apalagi reportase event Dan workshop. Detail banget.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s