Mini Seafood Pizza Untuk Pemula

Mau bikin pizza tapi belum tahu caranya? Tenang, video di atas mungkin bisa membantu kamu yang bingung ketika hendak membuat pizza. Berisi tutorial membuat pizza mini dari A hinga Z, semoga dapat membuat kamu yang mau mencoba untuk membuat pizza lebih percaya diri.
Bermula dari sebuah buku panduan membuat pizza yang saya beli tahun lalu.

image

Sayangnya, waktu itu belum punya oven, jadi pizza pun urung dibuat.
Alhamdulillah tahun ini di rumah sudah bertengger manis sebuah oven, maka saya pun langsung melancarkan aksi.
Baiklah, daripada lama basa-basinya, langsung cuss yuk ke resepnya! Di buku resepnya, ada dua hal yang harus dibuat, adonan dasar dan toping pizza.

Adonan Dasar Pizza

image

Bahan:
1. 300 gram tepung terigu protein tinggi
2. 7 gram ragi instan
3. 150 ml air hangat
4. 35 ml minyak zaitun (saya ganti minyak goreng biasa)
5. 5 gram garam
6. 1 butir telur
7. 2 sdt gula pasir

Cara membuat:
1. Campur terigu, ragi instan, dan telur, aduk rata.
2.Buat lubang di tengahnya, dan tuang air hangat sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata. Tambahkan garam dan gula, aduk hingga rata. Kemudian tambahkan minyak zaitun, dan uleni hingga kalis.
3. Diamkan adonan selama sekitar 20 menit, adonan siap digunakan.
4. Ambil adonan pizza, buat bulat tipis, dan lakukan sampai adonan habis. Sisihkan dan siap digunakan.

Tambahan: Karena saya mau membuat pizza mini, jadi bentuknya diperkecil. Dengan resep yang sama, saya bisa buat 14 pizza mini dengan diameter kurang lebih 5 cm.

Resep Pizza Seafood

image

Bahan:
1. Resep dasar adonan roti pizza
2. 1 sdm minyak zaitu untuk olesan (saya ganti dengan mentega)

Isi:
1. 2 sdm minyak zaitun (saya ganti minyak goreng
2. 300 ml saos tomat siap pakai (saya gunakan saos sambal secukupnya, tanpa takaran, hihi)
3. 50 gram udang, kupas kulit (karena mini, udang dipotong-potong dan digoreng, sesuai request suami)
4. 50 gram cumi, buang kulit arinya, potong cincin (saya nggak pake, soalnya nggak ada di kulkas, hihi)
5. Garam, lada hitam, gula pasir secukupnya (lada hitam saya ganti merica, soalnya nggak punya, huhu)
6. 80 gram keju mozarella, atau secukupnya sesuai selera

Tambahan: Di kulkas ada tomat, bawang bombay dan jagung rebus. Jadi saya tambahkan 1 buah tomat dan bawang bombay yang dipotong-potong, lalu jagung rebus secukupnya.

Cara membuat:
1. Isi: Panaskan sedikit minyak, masukkan saos tomat, udang, cumi, aduk rata. Kemudian campurkan lada, garam dan gula, aduk sebentar, sisihkan.
Tambahan: Kalo saya urutannya, panaskan minyak, masukkan tomat dan bawang bombay, lalu udang, garam, gula, dan merica, terakhir jagung rebus lalu saos. Jangan lupa dicicipi ya. 🙂
2. Penyelesaian: Tarus bahan isi di atas adonan roti pizza, oleskan permukaannya dengan minyak zaitun, lalu taburi mozarella
3. Kemudian susun di loyang yang telah diolesi mentega, lalu panggang dalam oven selama 8 menit dengan suhu 350°c. Ini tergantung oven ya, kalau di oven saya, tidak ada pilihan suhu, jadi dipanggang dengan panas atas bawah, sekitar 7 hingga 10 menit sesuai selera.

image

Untuk lebih jelasnya, silahkan tonton videonya ya. Happy baking Moms!! 🙂

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Vlog Competition yang diselenggarakan Blog Emak Gaoel bekerjasama dengan Smartfren.

image

16 pemikiran pada “Mini Seafood Pizza Untuk Pemula

  1. mbaaa, ini shooting sendirian ya, kaya saya biasanya juga gitu pake hape, rempong-rempong asik ya..ga sabar ah pengen ikutan juga. sukses ya mba lombanya

    1. Iya Mba’, Ayahnya sibuk sama si kecil, hihi.
      Jadi ya sendiri aja, makanya ngapa-ngapainnya cuma pake tangan satu, haha.
      Ayo ikutan juga.. 😄

  2. aku prnh bikin sekali, tapi gagal mbak :D.. rotinya ga lembut -__-..tapi dulu itu pake resep org lain.. bisa jadi sih akunya jg yg salah ngadonin 😀 ..tapi memang pizza itu paling enak kalo toppingnya banyak yaa ;).. aku kalo beli jd, pasti minta tambahan topping ama penjualnya :D..

    1. Iya Mba’, dulu pas pertama bikin di teflon, pizzaku juga keras, tapi ini lumayan lembut & sukses.. 😁
      Hihi, kalo bikin sendiri jadi bisa banyakin isian toping yang disuka, ya.. 😆

Tinggalkan komentar