Simple Recipe of Ice: Es Penang Alna

Masih seputaran tape ni ceritanya, haha.
Kali ini mau bikin yang seger-seger a.k.a es, apalagi Paiton panas membara seperti sekarang-sekarang ini. Semoga segera hujan ya, Aamiin.
Akhirnya tercetuslah “Es Penang Alna”. Busyet dah namanya ya, hihi.
Berawal dari keinginan saya membeli nangka yang urung gegara harganya nggak sesuai ama besarnya buahnya. #Ups. Nah, tadi pas jalan-jalan di pasar, nemu nangka yang lumayan dan harganya cucok. Hehe. Tapi kalo cuma nangka kan nggak seru ya? Eh, ternyata nemu tukang jualan alpukat juga, sekalian aja beli alpukatnya. Setelah dihayal-hayal, enak juga kayaknya kalo pake tape ya, akhirnya beli juga deh tapenya. 😁 Nah, berhubung di kulkas masih ada buah naga, sekalian aja dicampurin semua. Jadilah es taPE NANGka ALpukat NAga. So, now get it kan kenapa nama es nya ” Es Penang Alna”. Hehe.
Baiklah, tanpa basa-basi langsung cuss yuuk.. 🙂

                   Es Penang Alna

Bahan:

image

     Bahan-bahan untuk membuat es

1. Tape singkong potong kotak atau sesuai selera.
2. Nangka potong kotak.
3. Alpukat dikerok isinya.
4. Buah naga potong kotak.
5. Es batu.
6. Susu coklat bubuk. (Diganti skm coklat juga nggak masalah,)
7. Sirup gula merah.

Cara Membuat:
1. Blender es dan susu sampai halus, sampai seperti es krim.
2. Siapkan gelas, susun tape, alpukat, buah naga dan nangka di dalam gelas.
3. Masukkan es susu yang sudah diblender.
4. Tuang sirup gula merah atau bisa juga ditambah skm coklat.
5. Es siap disajikan.

image

image

image

      Jadi deh es Penang Alna nya. 😄

Ps: Bagi penyuka manis, es ini tidak terlalu manis, jadi kalau mau lebih manis, sebelum menyusun buah di dalan gelas, bisa tuangkan dulu air gula biar lebih manis.
Silahkan eksekusi! 🙂

Tape Panggang Keju Kismis, Murah, Mudah, Yummi!

image

Tape Panggang Keju Kismis by Chef Julia.

Karena beberapa bulan yang lalu saya dan suami sempat terpisah (ceile), alhasil saya pun jarang masak untuk suami tercinta. Hehe.
Nah, untuk mengganti rasa bersalah saya, maka saya pun mendadak dangdut maksudnya mendadak rajin masak. Hihi.
Kemaren waktu bikin prol tape, ternyata masih banyak sisa tape di kulkas, secara saya beli tapenya 1 kg. Duh.
Akhirnya suami pun mencetuskan ide, “dibakar aja.” Kayak makanan di Jawa Barat. Lupa tapi apa namanya.
Dengan beberapa persediaan sisa prol tape kemaren, akhirnya saya pun ekseskusi. Dijamin mudah, murah dan yummi. 😁

                Tape Panggang Keju Kismis

Bahan:
Tape singkong
Mentega
Keju
Kismis

Cara Membuat:
Tata tape singkong utuh di atas loyang, susun kismis di atas tape. Jangan lupa, sebelumnya loyang diolesi mentega dulu ya, biar nggak lengket. Olesi tape dengan mentega. Panggang kurang lebih selama 20 menit dengan api atas dan bawah atau sampai tape kelihatan kecoklatan, tapi jangan sampai gosong ya. Setelah matang, taburi dengan keju parut. Untuk hasil yang lebih enak, sajikan dengan taburan misis coklat atau susu coklat. Hmm, yummi bingitss! Aroma tapenya menyebar ke seantero rumah. O ya, kismisnya bisa diganti dengan yang lain ya, bisa kurma, chocohips atau yang lainnya. Kalau belum punya oven, bisa panggang di teflon di atas kompor. 😂

image

Jadi deh, tape panggang keju kismis.

Gimana? Mudah kan? Rasanya enak bingits, hehe. Apalagi karena tape bondowoso ini rasanya memang manis, yang paling nikmat itu yang bagian kecoklatan itu, ada sensasi tersendiri. Hehe.
Udah, daripada ngiler, mendingan bikin yuk! 😆

Prol Tape Cara Lezat Menikmati Tape

image

    Prol Tape Kismis Keju ala Chef Julia

Jadi ceritanya mas suami baru saja membelikan oven di rumah. Maka saya pun keranjingan bikin kue yang menggunakan oven, hehe. Kemaren-kemaren saya membuat roti unyil, resep menyusul ya. 🙂
Hari ini, saya jadi kepingin bikin prol tape. Btw, adakah yang belum tahu apa itu prol tape? Eh sebelumnya, for your information, daerah saya tinggal dekat sama Bondowoso yang oleh-oleh khasnya tape. Jadilah di dekat rumah lumayan banyak penjual  “Tape Manis Bondowoso”. Tadi ketika mau membuat prol tape ini, saya beli tape nya sekilo harganya 8000 rupiah. Gimana? Murah kan? 😁
Oke, back to the topic, prol tape adalah sejenis kue yang bahan utamanya adalah tape. Semacam bolu tape gitu ya gampangannya. Forgive me if I’m wrong. 🙈
Rasanya manis legit trus ada aroma terapinya, eh aroma wangi tape maksudnya. Haha.
Pembukaannya panjang ya, langsung cuss yuuk. 😁
Enjoy baking!!😄

                Prol Tape Kismis Keju

image

           
              Bahan yang diperlukan.

Bahan yang diperlukan:
1. 300 gram tape singkong, haluskan
2. 3 butir telur & 1 kuning telur untuk olesan
3. 70 gram terigu
4. 50 gram margarin, lelehkan
5. 100 ml susu cair
6. 75 gram gula pasir
7. 1/2 sdt garam
8. Keju parut untuk taburan
9. Kismis untuk taburan dan isian

Cara membuat:
1. Campurkan tape singkong, gula pasir, dan garam sampai gula larut.
2. Masukkan telur, aduk rata.
3.Tambahkan tepung terigu, aduk rata.
4. Masukkan susu dan margarin leleh, aduk rata.
5. Campurkan kismis bersama adonan, aduk merata. Taburkan kismis di bagian atas adonan.
6. Tuang di loyang brownies yang sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung biar tidak lengket. (Ini cara saya, sebagian pakai kertas roti).

image

Adonan siap dimasukkan ke dalam oven.

7. Panggang dalam oven (yg sebelumnya sudah dipanaskan) dengan suhu 160°C selama sekitar 15menit atau sampai permukaan atasnya agak kering (jangan sampai matang).

image

Permukaan atas sudah kering, lalu oleskan kuning telur dan taburi keju.

8. Olesi permukaan atasnya dengan kuning telur. Taburi keju parut.

image

Siap untuk dipanggang ronde kedua.

9. Panggang lagi selama sekitar 20 menit sampai matang.
10. Tunggu agak dingin baru dipotong karena saat panas bagian dalamnya masih tampak agak ‘basah’ jd agak sulit dipotong.

image

           Prol tape siap disantap.

Pesan dan kesan:
Karena baru memakai oven, saya awalnya cuma pake api atas (bener nggak ya istilahnya). Jadinya, yang atas udah hampir gosong, yang dalem masih basah kayak masih mentah. Barulah kemudian saya panggang lagi dengan api bawah dan Alhamdulillah matang sempurna. 😂
Yeay!
Jadi kalo yang mau nyoba resep ini, jangan lupa perhatikan tingkat kematangannya ya, (ceilah bahasanya) haha.
Eit, satu lagi, karena masih chef amatiran, jadi ini bukan resep asli dari saya ya, resepnya nyomot dari sini.
Hasilnya gimana? Yummy. *nom-nom*
Jadi, mau makan tape dengan cara lezat? Ya prol tape jawabannya. Nggak percaya? Bikin aja! :mrgreen: